Jogo Manyar|| TNI – POLRI Kecamatan Manyar memberikan pengamanan Pawai Santri Nusantara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019 MWC NU Kec. Manyar Kab. Gresik. Minggu (30/10/2019) pagi.

Hari Santri merupakan hari paling bersejarah di kalangan santri Indonesia, di mana perjuangan dan pergerakan para santri dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan, serta mengawal tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dimana melalui resolusi jihad yang dikumandangkan Rais Akbar KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945, mendapat apresiasi yang luar biasa dari Pemerintah Republik Indonesia dengan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri melalui Keppres No. 22 pada tahun 2015.  

Menggelorakan resolusi jihad sesepuh NU, Majelis Musyawarah Cabang ( MWC ) NU Manyar menggelar pawai taaruf dalam rangka memperingati hari santri nasional tahun 2019. Ketua panitia Ust. Sya’roni, S.Pd dalam Sambutannya mengatakan ” saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam peringatan hari santri ini. Bapak – bapak TNI – POLRI dari Koramil Manyar dan Polsek Manyar yang selalu bersinergi dengan kami serta telah bersama memberikan pengamanan pada pagi ini. Moment 22 Oktober sebagai hari besar nasional ini perlu direspon positif warga Nahdliyin tak terkecuali MWC NU Manyar. Peringatan hari santri diharapkan bisa menumbuh kembangkan sikap percaya diri dan bangga sebagai santri, meningkatkan tali silaturrahmi dan ukhuwah, patriotisme, dan berwawasan kebangsaan, sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jamaah. Kata Ust Sya’roni.

“Santri tidak lagi ada dipinggir, akan tetapi santri bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik, masa depan santri bisa sejajar dengan yang lain, terbukti dengan menjadi Wakil Presiden,” imbuh Ust. Sya’roni. Sekira 600 peserta pawai taaruf berkumpul di lapangan Desa Ponganga dengan menggunakan kendaraan R-4 sekitar 45 kendaraan dan R-2 sekitar 50 kendaraan yang terdiri dari Banser, Fatayat, Muslimat, Santriwan dan Santriwati.

Seusai doa yang dipimpin Ketua Rais Syuriah KH Suhail Idris, dihadapan para pengurus MWC NU Manyar bersama Waka Polsek Manyar Ipda M Yasin peserta pawai taaruf dilepas dengan mendapat pengawalan dari Polsek Manyar. Pawai taaruf ini mengambil rute dari lapangan Desa Pongangan menuju ke Ds Peganden, Ds Banjarsari dan Ds Leran, Jl Raya Manyar, Jl Raya Sukomulyo, Jl Kalimantan GKB, Jl Jakarta, Jl Brotonegoro, Jl KH Syafi’i Ds.Suci dan finish kembali di lapangan Ds. Pongangan.

Disela – sela acara, KH Suhail Idris memberikan keterangan pada awak media bahwa ” tema hari santri tahun 2019 adalah Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia, NKRI Harga Mati !!!” Tandas KH Suhail Idris.

(Humas Polsek Manyar)

j~mio ttnt

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here