Saya sering membaca artikel-artikel blogger senior yang menerangkan bahwa harus melakukan hal-hal berikut agar blog kita tetap ramai banyak pengunjung meski jarang banget update.

1. Buat Postingan Atau Artikel Panjang Umur

Apa itu artikel panjang umur? Artikel panjang umur artinya artikel yang tak akan pernah habis masa berlakunya walaupun berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Dengan kata lain artikel panjang umur adalah artikel yang kontennya tidak cepat basi, tetap abadi sepanjang masa. Kapanpun dan dimanapun artikel ini dibaca maka kontennya tetap berguna. Siapapun yang membaca artikel panjang umur maka akan tetap berguna.

Salah satu contoh kecil artikel cepat basi adalah artikel yang berisi konten berita. Ya memang benar dan Anda juga mungkin sudah bisa menjawabnya kalau artikel jenis berita akan cepat basi. Artikel berita akan dibutuhkan orang hanya pada waktu itu saja, sehingga satu jam kemudian artikel berita tidak akan ada yang mau membacanya lagi. Pembaca tentunya akan mencari artikel berita yang lebih fresh dan terbaru.

Bukan berarti artikel jenis berita itu jelek, namun jika kita tidak sanggup untuk terus menerus menulis konten berita karena terbentur dengan kesibukan dunia nyata maka hindarilah untuk membuat konten berita.

Jika waktu Anda tidak cukup untuk konsisten membuat artikel setiap hari maka mulai sekarang hindarilah membuat artikel yang masa berlakunya sangat pendek. Buatlah artikel yang dapat digunakan pembaca untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

Salah satu contoh artikel yang mempunyai umur panjang dan tidak akan lekang oleh waktu adalah artikel tentang panduan atau tutorial. Contoh lagi jika blog kita nichenya tentang teknologi maka bisa menulis artikel tentang Ciri Hardisk Komputer Bermasalah Atau Rusak Bad Sector. Dari dulu sampai sekarang bahkan saya yakin kedepannyapun ciri hardisk komputer bermasalah akan seperti itu tanda-tandanya.

Contoh lain artikel panduan atau tutorial yang menurut saya panjang umurnya adalah artikel Membuat Wajah Seram Bermain Dengan Blending Photoshop. Artikel-artikel tutorial Photoshop memang sifatnya abadi. Walaupun setiap tahun versi Photoshop akan berubah, namun pada dasarnya langkah-langkah didalamnya masih sama saja.

Jenis artikel panjang umur lainnya adalah artikel definisi. Apa itu artikel definisi? Artikel definisi adalah artikel yang membahas suatu masalah yang super lengkap. Misal jika kita membahas tentang Cara Membuat Blog, maka didalamnya kita bisa menguraikan secara lengkap mulai dari Apa Itu Blog, Manfaat Blog, Jenis-Jenis Blog, dan seterusnya. Contoh lebih kongkritnya artikel definisi adalah seperti pembahasan materi di website WikiPedia.

2. Optimasi Postingan Agar Lebih Jinak Dengan SEO

Jika sudah menerapkan cara pertama yaitu membuat artikel panjang umur langkah selanjutnya adalah optimasi postingan agar lebih akrab dengan Search Engine Optimization (SEO). Untuk belajar SEO Anda bisa bertanya ke master-master blogger di luar sana. Bahkan mereka sudah rela berbagi ilmu tentang SEO tanpa kita pinta yaitu dengan menulisnya didalam artikel blognya.

Mengoptimasi postingan agar jinak dengan SEO bisa dikatakan wajib. Search Engine ternama saat ini dan banyak pencari informasi menggunakan mesin pencari ini yaitu Google, Yahoo, Bing, dan ada satu lagi yaitu Yandex. Dengan begitu sebagai langkah awal agar blog dan postingan kita bersahabat baik dengan mesin pencari-mesin pencari ini kita harus mengdaftarkan blog dan submit postingan di search engine tersebut.

Silakan Anda verifikasi blog dan postingan Anda di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan Yandex. Nantinya pengunjung blog kita akan datang dari segala penjuru dunia dan juga dari mesin pencari manapun. Satu hal lakukan optimasi blog dengan bijak dan jangan berlebihan. Karena selain blog agar SEO Friendly dan juga kita optimasi blog menjadi Human Friendly.

Hindari pembuatan artikel hasil copy paste sepenuhnya dari blog lain tanpa melakukan perubahan terlebih dahulu. Percuma kita optimasi sedemikian rupa jika postingan blog semuanya hasil copy paste. Itu artinya sama dengan tindakan bunuh diri atau menyerahkan blog secara cuma-cuma terhadap search engine.

3. Tingkatkan Promosi Blog

Jangan sampai lupa dan jangan sampai ketinggalan untuk melakukan kegiatan promosi blog. Saya rasa lebih gampang dan lebih mudah melakukan tindakan promosi blog daripada harus membuat artikel. Maka dari itu jika Anda malas membuat artikel namun kemarin-kemarin sudah menulis artikel yang panjang umurnya maka promosikanlah artikel Anda tersebut. Dengan meningkatkan persentase kegiatan promosi blog maka secara tidak langsung akan meningkatnya pembaca yang datang ke blog Anda.

Anda tidak perlu bingung-bingung dimana kita harus melakukan kegiatan kegiatan promosi blog? Anda mungkin sudah lupa dengan media sosial ternama seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan masih banyak lagi. Member yang aktif setiap jamnya di media sosial ini tidak bisa diragukan lagi jumlahnya. Anda bisa memanfaatkan peluang baik ini untuk mempromosikan postingan blog terhadap mereka. Walaupun link postingan yang kita sisipkan didalam media sosial sifatnya nofollow, tapi jika berimbas banyak pengunjung yang datang karena melihat link postingan yang kita bagikan maka itu sama menguntungkan juga.

Selanjutnya jika Anda mempunyai modal sedikit bisa mengambil tindakan untuk membayar orang lain dalam mempromosikan blog Anda. Atau Anda bisa memasang link artikel atau blog melalui banner yang kita sewa di blog yang mempunyai trafik tinggi. Silakan Anda kembangkan lagi bagaimanapun caranya dalam meningkatkan tindakan promosi blog.

4. Buat Internal Link Didalam Postingan

Dengan membuat internal link didalam postingan maka akan berimbas menambah pageviews blog. Bangun internal link setiap Anda membuat postingan dan tentunya internal link tersebut harus dibuat dengan link artikel masih berhubungan dengan artikel yang dibuat. Bukan asal membuat internal link yang sama sekali tidak berhubungan dengan yang dibahas, itu salah besar!

Meskipun kita sama sekali jarang update artikel namun disetiap artikel selalu kita sisipkan internal link yang linier maka secara tidak sengaja akan membawa pembaca untuk klik artikel lainnya. Dengan begitu blog kita akan tetap ramai banyak pengunjung.

Dalam membuat internal link selain harus artikel yang masih berhubungan dengan artikel sebelumnya dan juga agar pengunjung dapat klik link tersebut ada trik-triknya. Kita buat artikel satu topik menjadi beberapa bagian artikel, artinya sangat tidak mungkin kita menyampaikan pembahasan dalam satu penyampaian artikel saja. Artikel tersebut terlalu panjang hingga mencapai 2000 kata lebih. Maka jika begitu kita bisa membuat artikel lanjutan dan nanti secara otomatis pembaca akan klik link itu karena penasaran ingin mengetahuinya sampai tuntas.

5. Update Atau Perbarui Postingan “Basi”

Terkadang artikel yang kita anggap awalnya adalah artikel sepanjang masa atau artikel panjang umur namun suatu saat tanpa kita sadari mengalami perubahan. Contoh kecilnya adalah artikel tentang trik-trik SEO, artikel ini memang panjang umurnya namun seiring berkembangnya jaman terdapat salah satu trik yang harus diubah. Maka daripada Anda membuat lagi artikel baru lebih baik Anda mengupdate konten artikel lama dan disesuaikan dengan keadaan saat ini.

Artikel tutorial atau panduanpun terkadang perlu kita perbarui. Misal artikel panduan tentang cara membuat blog-pun setiap tahunnya pasti akan berbeda. Walaupun demikian tidak seutuhnya atau seluruh konten harus diubah. Mungkin hanya beberapa paragraf saja atau gambar-gambar pendukung artikel yang disesuaikan dengan tampilan terbaru.

Banyak pengunjung yang enggan datang lagi karena artikel yang dibacanya tidak nyambung dengan keadaan masi kini. Padahal artikel tersebut sudah bagus posisinya di Search Engine karena memang sudah lama umurnya. Maka daripada itu langkah bijaknya kita segera perbarui isi kontennya setiap kalimat atau gambar yang kita anggap sudah basi. Dengan melakukan hal ini maka akan mempertahankan atau bahkan meningkatkan citra konten artikel di mata mesin pencari dan juga pembaca setia blog.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here