32.4 C
Jakarta
17 Mei 2022
Berita Polisi Viral

Wakil Ketua Umum DPP PPP Apresiasi Kapolri Dalam Kawal Demo 11 April

Zainut Tauhid Apresiasi Kapolri Persuasif-Humanis Kawal Demo 11 April

Wakil Ketua Umum DPP PPP Zainut Tauhid Sa’adi menyesalkan terjadinya tindak kekerasan terhadap Ade Armando dalam peristiwa demo 11 April 2022 di Jakarta. Di sisi lain, dia mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengedepankan cara persuasif dan humanis dalam mengawal jalannya aksi.

“Perintah Kapolri sudah sangat tepat. Hal tersebut menunjukkan adanya kepekaan dan kesadaran sosial (social awareness) yang sangat tinggi,” ujar Zainut kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

“Saya mengapresiasi pihak kepolisian yang bertindak persuasif dan mengedepankan pendekatan humanis dalam mengawal dan menghadapi aksi para mahasiswa kemarin. Hal tersebut hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan demi menjaga citra Polri yang tegas, proporsional dan profesional,” sambungnya.

Zainut juga bicara soal adanya kekerasan terhadap Ade Armando dalam aksi demo 11 April 2022 tersebut. Dia menyatakan, apapun alasannya perbuatan tersebut adalah tindakan kriminal, tidak dibenarkan secara hukum dan agama.

“Tindakan memukul dan menelanjangi adalah perbuatan yang di luar batas kepatutan,” kata sosok yang juga Wakil Menteri Agama (Wamenag) ini.

Zainut mengatakan, tindakan brutal sekelompok orang tersebut telah mencederai aksi damai para mahasiswa. Untuk itu, dia meminta aparat kepolisian mengusut dan menindak tegas pelakunya dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Zainut menjelaskan dalam negara demokrasi, aksi unjuk rasa untuk menyampaikan pendapat adalah perbuatan yang sah dan dijamin oleh konstitusi. Namun demikian, itu harus dilakukan dengan cara-cara yang baik, mengindahkan nilai-nilai akhlak, etika dan kepatutan serta tidak melanggar undang-undang.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya untuk mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa pada 11 April 2022. Jenderal Sigit meminta jajarannya mengawal demo dengan mengedepankan pendekatan humanis.

“Humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadhan, kesucian dan kekhusyuan bagi umat muslim yang sedang menjalani puasa tetap harus kita perhatikan,” ujar Sigit.

Pada aksi demo 11 April 2022, Sigit bersama beberapa pimpinan DPR sempat turun menemui para mahasiswa di depan gedung Parlemen. Dari atas mobil komando, Kapolri berpesan kepada jajarannya untuk mengawal demo agar berjalan lancar.

“Saya dalam posisi yang akan memastikan bahwa seluruh aspirasi adik-adik mahasiswa semua tersampaikan dan kami akan membantu menjaga agar seluruh proses berjalan dengan aman. Oleh karena itu saya titip juga pada seluruh anggota, tolong kawal, tolong jaga adik-adik kita. Ini anak-anak kita, ini teman-teman kita,” kata Kapolri di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (11/4/2022).

“Jaga mereka, kawal, jangan sampai ada yang menunggangi karena suara aspirasi mahasiswa adalah suara akademisi, suara murni dan itu harus dijaga harus selalu dikawal dan kami siap untuk mengawal semua aspirasi teman-teman mahasiswa,” ujar Kapolri.

Sigit memastikan jajarannya bekerja keras mengawal demo mahasiswa 11 April dengan humanis. Kapolri menegaskan mahasiswa adalah mitra mereka juga.

“Suara mahasiswa adalah suara demokrasi. Suara demokrasi harus selalu kita kawal dan polisi dalam posisi siap mengawal aspirasi anak-anak mahasiswa karena kalian adalah mitra-mitra kita semua,” kata dia.

Pos terkait

Gelar Operasi Cipkon, Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang Amankan 10 Remaja

admin

Binrohtal Serta Tausiah itu Sangat Penting Untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

admin

Kapolrestabes Surabaya Bersama Kapolsek Tambaksari Giat Safari Shalat Jum’at Di Masjid Baitul Amin

admin